Dark Light

Would you trade place with Jeff Bezos?

Jeff Bezos Becomes The First Person Ever Worth $200 Billion

Would you trade place with Jeff Bezos? if you’re a 27 years old and Jeff Bezos today is 56.

LOL siapa yang ga mau coba?

Tapi jika kita anggap waktu adalah sebuah aset maka kita pada umur 27 tahun jauh lebih kaya dari Jeff Bezos.

Untuk beberapa orang, atau paling engga saya sendiri, tujuan mendapatkan “cukup” uang adalah agar saya bisa membelanjakan/menghabiskan waktu saya untuk hal-hal yang saya suka dan dengan orang-orang yang saya sayangi dan saya ingin mencapai tingkat “kecukupan” ini semuda mungkin, semakin tua maka semakin sedikit waktu yang bisa saya habiskan di kemudian hari.

Artinya, saya harus memilih bagaimana cara menggunakan waktu saya saat ini dengan sebaik mungkin dan pekerjaan yang akan saya ambil mungkin adalah salah satu keputusan paling penting dalam hidup saya.

The Life Enigma + How I Picked My Career

Kapitalisme, sama seperti hal-hal lain termasuk demokrasi bukan sesuatu yang sempurna, tapi IMO sesuatu yang lebih baik dari alternatif lainnya. Salah satu hal dalam kapitalisme adalah sebuah perusahaan harus membayar karyawannya lebih rendah dari pendapatan yang bisa dihasilkan dari karyawan tersebut. Well, think about it, jika perusahaan membayar karyawan sama atau lebih dari yang bisa dihasilkan karyawan tersebut yaaa perusahaan ga bakal untung dan bakal bangkrut. This is a hard truth of capitalism.

Daripada menerima kenyataan ini, kita harus mencari cara untuk me-leverage waktu kita untuk mendapatkan hal lain selain sebuah gaji. If my time is going to be generating profit for a company, I want to get a share of the profit and/or equity in the company.

Using that framework, there were really only three viable paths for me:

  • Investing in dividend paying companies
  • Startups
  • Entrepreneurship

Here is how it works on each one of these paths (sorted based on risk reward ratio haha).

Investing in Dividend Paying Companies

The simplest of it all, just try to get a job dengan gaji setinggi mungkin dan investasikan ke perusahaan yang membagikan dividend. You can start here Indonesia Dividend Streak List

Tujuannya adalah, jika kita sudah berinvestasi cukup banyak, kita bisa resign dan hidup hanya dari dividend yang kita dapatkan.

Startups

The leverage in this career path comes in the form of ownership in a startup or it could also a public companies. The later is quite rare untuk mendapatkan saham di perusahaan sejak hari pertama bekerja, biasanya di perusahaan publik atau yang sudah well established, Employee Stock Allocation/Stock Bonus diberikan jika sudah berkontribusi X tahun atau sudah mencapai level jabatan tertentu. Tapi, dengan bekerja di startup, kemungkinan untuk mendapatkan porsi kepemilikan or at least a stock options di startup tersebut cukup besar, meskipun sebagai trade off nya mungkin gaji yang lebih kecil dan tidak mendapatkan bonus.

Stock options ini bisa diexercise menjadi saham dan menjadi cukup berharga jika ada exit event (akuisisi/IPO) atau mungkin menjual ke orang lain atau company buyback.

Dalam sebuah exit event, misal kasus Moka yang diakuisisi oleh Gojek senilai $130 juta atau Grab yang mengakusisi Kudo senilai lebih dari $100 juta atau bayangkan jika kamu adalah karyawan dari Gojek yang valuasi terakhirnya lebih dari $10 miliar. Typically, jika kamu adalah early employees bisa dapat antara 0.1% sampai dengan 1% kepemilikan. Off course, semakin banyak funding round dari startup tersebut dan assuming di setiap funding round ga dapat new stock options maka porsi kepemilikan kita akan terdilusi/berkurang.

Since Moka funding round terakhir adalah series B dan Kudo adalah series A (cmiiw), jadi kemungkinan besar ada karyawan yang memiliki porsi seperti yang disebutkan sebelumnya, sekitar 0.1% sampai dengan 1%, berarti mereka bisa dapat sekitar $100,000–$1 juta, yah sekitar Rp 1M — Rp10M lah ya. Moka dan Kudo berdiri di 2014 dan Kudo diakusisi tahun 2017 dan Moka di 2020, berarti per tahun jika kamu ex-Kudo berarti dapat $33k — $333k per tahun atau jika kamu ex-Moka berarti dapat $16k — $166k per tahun diluar gaji tentu nya.

But this path will have a risk. Most of startups will fail to achieve any meaningful success or maybe closed down after several years,and this means your stock options will be worthless.

One successful exit can provide you with an advantage over your peers measured in several years. Asal selama kita bekerja punya dana darurat untuk sekitar 6–12 bulan jika ternyata berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. working at an early-stage startup is all upside with surprisingly little risk.

Meskipun startup nya gagal, at least kita belajar bagaimana membangun dan mengembangkan startup tersebut dan belajar dari kesalahan yang dilakukan — tapi memang untuk mendapatkan hasil yang cukup, startup tempat kita bekerja harus berhasil dan tentu saja kita harus mendaptkan porsi kepemilikan di startup tersebut. That’s still better than receiving no payout if the company is successful, inilah alasan kenapa startups bisa menjadi effective tool untuk me-leverage waktu kita.

Entrepreneurship

Truth be told, entrepreneruship atau wirausaha adalah cara paling efektif dalam menggunakan waktu kita. Jika kita memulai suatu usaha kita memiliki 50% atau bahkan 100% dari usaha/perusahaan tersebut dan selain kita mendapatkan profit dari usaha tersebut, jika suatu saat usaha tersebut kita jual atau mungkin IPO (hehe) kita juga akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

Kenyataannya, most of us, bahkan yang paling berbakat sekalipun, tidak punya risk tolerance atau kemampuan untuk memulai usaha. Either you aim huge and raise VC money atau cuma usaha kecil-kecilan, masing-masing bisa menghasilkan return yang besar dari waktu yang kita investasikan. Tapi tentu dengan high return comes high risk, jika usaha kita gagal, mungkin kita bisa tidak punya apa-apa bahkan berhutang.

What I’ve Done

I just trying to do it all, LOL.


If you like this article and wanted to read new articles like this one, you can also support me through this link or by clicking support me button ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *