Fortune Favours The Little

in Others by

Kita semua tahu Unilever (UNVR), salah satu saham perusahaan yang bisa dibilang salah satu perusahaan terbaik di Indonesia. Produk range-nya sangat banyak, mulai dari sabun, shampo sampai mentega. Sedangkan Mayora hanya berfokus kepada produk makanan, khususnya snack seperti beng-beng, biskuit, kopiko dan torabika. Lalu jika kita bandingkan dari sisi finansial rasio seperti ROE, GPM, NPM, earning growth dan lainnya, UNVR masih jauh lebih baik daripada MYOR.

ROE MYOR vs UNVR
ROE MYOR vs UNVR

Tapi coba tebak, sejak 2010 return saham apa yang paling besar? MYOR atau UNVR? Pasti banyak yang menduga UNVR :p Jawabannya adalah MYOR.

Return MYOR vs UNVR
Return MYOR vs UNVR

Contoh lainnya adalah Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) vs Bank Mandiri (BMRI) vs BCA (BBCA). Dari segi total aset, total DPK ataupun rasio-rasio keuangan seperti NPM dan ROE relatif lebih baik BMRI dan BBCA.

NPM BTPN vs BMRI vs BBCA
NPM BTPN vs BMRI vs BBCA

Coba tebak lagi, dari ketiga saham diatas mana yang returnnya paling tinggi? Jawabannya adalah BTPN.

Return BTPN vs BMRI vs BBCA
Return BTPN vs BMRI vs BBCA

Tapi tentu tidak semua yang kecil menghasilkan return lebih tinggi, salah satu contoh ini adalah Jasa Marga (JSMR) vs Citra Marga (CMNP) vs Nusantara Infrastructure (META). Di 2009, jika kita lihat market cap ketiganya, jelas JSMR yang paling tinggi, pada saat itu market cap JSMR sudah di sekitar Rp 12T sedangkan CMNP dan META masih sekitar Rp 1T. Tetapi dari 2009 sampai sekarang, yang menghasilkan return lebih tinggi tetap JSMR (400%), CMNP (104%) dan META (1.54%).

Artikel terkait: JSMR: Bargain & Relatively Safe Stock 

Kesimpulan

Selalu pilih saham yang kecil secara market cap-nya seperti judul diatas keberuntungan lebih berpihak kepada si kecil. Tapi tentu tetap dengan beberapa kriteria screening saham yang baik seperti:

  1. ROE tetap diatas 10% dan cukup stabil
  2. PER dibawah 20x

Jadi, jika saat kita memilih beberapa saham yang kita nilai baik lalu dana kita tidak cukup untuk membeli semua saham tersebut mungkin ada baiknya kita memilih saham dengan market cap terkecil dari kumpulan saham tersebut. Beberapa keuntungan saham dengan market cap kecil adalah lebih mudah untuk diakuisisi dan biasanya dipimpin oleh founder atau keturunannya yang lebih mengerti perusahaan dan bisnisnya.

Beberapa saham yang mungkin bisa menjadi the next MYOR atau BTPN adalah APLN, SMSM, BJBR, BJTM dan TOTL. Disclaimer On.

Facebook Comments

please insert your comment