[Financial Journey] Starting Point

Saya sudah punya rencana untuk cerita perjalanan keuangan saya sejak lama. Tapi karena satu dan lain hal baru bisa mulai bercerita sekarang (padahal emang ga tau mau nulis apa). Jadi rencananya, di series ini saya akan membagikan bagaimana progress keuangan saya, apakah saya bisa mencapai goals saya? Di sini saya ga akan menyebutkan nominal, hanya persentase. Lalu saya akan membagikan keputusan-keputusan keuangan penting yang mungkin akan saya lakukan kedepannya seperti membeli rumah, mobil, menikah dan lainnya. Saya juga akan membagikan beberapa artikel-artikel yang saya kira menarik terkait perjalanan keuangan saya. Semuanya tidak ada jadwal yang pasti, menyesuaikan dengan waktu, ide dan kemauan saya (wkwkwk).

Target

Hal pertama yang akan saya ceritakan adalah target wealth saya, kapan target itu akan tercapai dan bagaimana progress-nya. Jadi saat ini saya berusia 25 tahun, rencana saya pada saat umur saya 41 tahun atau 15 tahun dari sekarang, saya sudah punya cukup uang untuk istilahnya meraih “financial freedom“. Tetap bekerja dan beraktifitas tapi lebih memprioritaskan hal-hal yang saya suka dan penting untuk saya seperti keluarga. Saat ini baru 1% dari target yang tercapai, dengan memanfaatkan compound interest, proyeksi saya sekitar umur 39-40 sudah bisa tercapai (wish me luck).

Target

Alokasi

Pilihan instrumen utama saya untuk bisa mencapai target diatas adalah investasi saham. Saya juga harus mengalokasikan modal saya untuk instrumen lainnya. Tapi untuk saat ini hanya cash yang disimpan dalam tabungan biasa di bank dan saham. Alokasi sampai Februari 2018 hampir 50:50, saya masih menunggu laporan-laporan keuangan 2017 untuk keluar dan Q1 2018, setelah itu mungkin alokasinya akan semakin banyak ke saham.

Alokasi Investasi

Notes: alokasi ini terlepas dari tabungan saya untuk biaya hidup sehari-hari, dana darurat, kepemilikan langsung dari usaha saya dan aset bergerak yang saya miliki.

Portofolio

Nah ini mungkin bagian yang ditunggu-tunggu, bagaimana portofolio saham saya? Saham apa saja yang saya miliki dan berapa banyak? Saham dengan alokasi terbesar di portofolio saya adalah BTPN, diikuti oleh ADMF, TOWR, PTPP dan BUMI. Hampir 75% portofolio saya diisi oleh kelima saham tersebut. But wait, kok ada BUMI? Saya melihat ada value di BUMI, ditambah sepertinya corporate governance mereka semakin bagus karena ada cash waterfall untuk pembayaran utang, saya akan bahas soal BUMI di post lain. Berikut portofolio lengkap saya.

Portofolio Feb 2018

Beberapa saham dalam portofolio saya sudah pernah saya bahas seperti:

Adira Dinamika Multi Finance: Dividend Play

Matahari Department Store (LPPF): The Best Company Listed in IDX

Sarana Menara Nusantara (TOWR): Reaching For The Sky

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN): From Retiree to Millennials

 

 

Facebook Comments

please insert your comment