Dark Light

Mungkin ada yang pernah liat meme ini sebelumnya. Meme ini lucu dan juga benar. Kenapa?

Karena menurut saya pribadi, dalam personal finance itu ada 2 aspek: wealth preservation dan wealth accumulation. Apa bedanya?

Wealth Preservation

Saya suka melakukan pengibaratan wealth preservation dan wealth accumulation ini seperti shield & sword. Sebelum kita mulai perang atau menginvasi negara lain kita harus menyiapkan pertahanan yang kuat dulu di negara kita sendiri, jadi jika ada counter attack dengan posisi majority of our military power lagi di luar maka kita bisa defend the attack.

Wealth preservation is the shield dan wealth accumulation is the sword.

Jadi sebelum mulai berinvestasi kita harus menyiapkan diri kita untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi, seperti kehilangan pekerjaan, jatuh sakit, diri kita sendiri atau keluarga terkena musibah dan hal lainnya.

Kita ga mau ketika sudah berinvestasi bertahun-tahun dari hasil kerja keras kita tau-tau ditengah jalan ada “counter attack” seperti yang disebutkan diatas. Dana investasi yang sudah kita kumpulkan harus kita tarik untuk membiayai kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Makanya mempersiapkan “shield” ini sangat penting sebelum kita belajar menggunakan “sword”. Menurut saya, ada setidaknya 2 “shield” yang harus disiapkan:

1. Dana Darurat

Yes, shit happens, even we do nothing.

Lagi beli makan malam-malam terus parkir mobil di tempat yang gelap dan sepi dan lupa ada laptop di kursi belakang, tau-tau selesai makan balik ke mobil kaca mobil dipecah dan laptop digondol. Ada 2 hal yang harus dilakukan, perbaiki kaca mobil yang pecah dan beli laptop baru. Dua hal ini saja udah butuh 10–15 juta. Contoh lain seperti dirumahkan karena pandemi covid-19, membantu keluarga yang sakit, memperbaiki atap rumah yang bocor dan hal-hal darurat lainnya.

In my case, I even have 3 separate dana darurat LOL. 1 untuk just in case kehilangan pekerjaan, 1 untuk bantu-bantu teman dan keluarga, 1 untuk kebutuhan keluarga saya pribadi jika ada sesuatu. Yes, I’m a bit conservative when managing my finances.

How about Mr Elon Musk case?

Dia menggunakan seluruh uang yang didapat dari menjual PayPal untuk business ventures nya.

  1. He’s Elon Musk — He’s the chosen one, the special one. Don’t compare yourself to anybody and don’t even dare to compare yourself to the likes of Elon Musk, or Bill Gates or Mark Zuckerburg. They’re just different. At least for most of us.
  2. Ini cuma one side of the story dibelakang mungkin dia punya dana darurat, atau mungkin “dana darurat” nya kalo semuanya gagal dia bisa dengan cepat kembali bekerja dengan orang lain atau di perusahaan lain.
  3. Kalo kamu benar-benar pede dan percaya dengan dirimu atau hal yang kamu lakukan then go for it! Fortīs fortūna adiuvat

2. Asuransi

Nowadays, there’s insurance for everything. Bahkan kalo belanja skincare di salah satu e-commerce ada asuransi skincare.

Dua yang paling basic itu asuransi kesehatan (rawat jalan & rawat inap) dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan bisa pilih yang sangat basic adalah BPJS (jangan lupa bayar buat yang BPJS mandiri). Jika bekerja di suatu perusahaan biasanya ada asuransi kesehatan untuk karyawan. Tapi jika berwirausaha atau freelance, selain BPJS, jika memang mampu bisa mulai untuk beli asuransi kesehatan sendiri. Yes, it’s quite costly tho. Asuransi kesehatan sendiri bisa sekitar 500ribu-1juta per bulan, ditambah asuransi jiwa mungkin butuh jumlah yang sama juga setiap bulannya.

Why you need asuransi jiwa? Karena amit-amit sesuatu yang buruk terjadi kepada kita, orang yang kita cintai hidupnya jadi tidak terlalu kesulitan.

How about unitlink? Saya ga akan membahas unitlink untuk sekarang, kalian bisa belajar atau mencari tau unitlink lebih dalam secara mandiri. Coz, it’s gonna be super long and very subjective.

Dari yang basic itu kita bisa upgrade sejalan dengan perkembangan kondisi keuangan kita, asuransi mobil, asuransi rumah dan lain-lain.

Insurance godfather

I know, insurance call spam is really annoying and probably you shouldn’t buy insurance from there. Tapi kalian akan sangat bersyukur ketika kalian punya provider asuransi yang bagus. True story.

Wealth Accumulation

Di bagian wealth accumulation baru investasi mengambil peranan yang penting.

Ketika mempersiapkan “sword” kita harus punya senjata yang sangat kuat, harus bisa menggunakan senjata tersebut seoptimal mungkin dan yang paling penting kita harus cari senjata yang paling cocok dengan kita.

Kalo main MMORPG maka ada berbagai role/pekerjaan seperti: tank, archer/range, swordman/melee, mage/wizard dan support. Kita harus tau role atau senjata mana yang cocok dengan kita dan sejalan dengan pilihan itu kita terus upgrade skill untuk semakin mengoptimalkan penggunaan senjata tersebut. Intinya kamu harus menemukan area dimana kamu nyaman dan/atau jago untuk mengerjakan hal tersebut.

No living being may wield it unless they are worthy

Tentu ini akan butuh waktu dan banyak percobaan. Tapi apakah sesulit itu? Tentu tidak, karena saya pribadi percaya, semua orang harus punya investasi jika ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Terlepas dari skill & knowledge yang dimiliki.

Seperti judul artikel yang dibagi jadi 2 part ini, di part selanjutnya saya akan lebih banyak membahas cara untuk mulai berinvestasi.


If you like this article and wanted to read new articles like this one, you can also support me through this link or by clicking support me button 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *